Jumat, 22 Agustus 2014

TAMAN REPLIKA KOTA BETHLEHEM

TAMAN REPLIKA KOTA BETHLEHEM 

         Replika kota Bethlehem yang berada di Kecamatan Nelle, Kabupaten Sikka, berjarak ± 20 kilometer dari kota Maumere ke arah selatan.
Berada di ketinggian tebing di kelurahan Nelle Wutung, Replika kota Bethlehem menjadi tempat yang mengagumkan, buat memandang kota Maumere dan gugusan pulau-pulau di teluk Maumere.
Romo Wilfried Alliance, Pr, Pastor Paroki Nelle yang ditemui floresbangkit.com di lokasi Taman (21/12/2013) menjelaskan, pembangunan replika kota Bethlehem ini dilakukan 2 tahun lalu selepas umat Paroki mengunjungi Gua Maria di Iligai.
Kami sosialisasikan ke umat dan mendapat tanggapan positif.
Sejak dua tahun lalu kami mulai lakukan pembangunan dengan dana swadaya dari umat Paroki Nelle dan sumbangan dari beberapa donatur.” tuturnya.
Setiap kepala keluarga di Paroki Nelle, sebut Romo Wilfried, menyumpang 100 (seratus) ribu rupiah. Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan 1 dan 2 menyumbang 300 (tiga ratus) ribu rupiah, serta golongan 3 dan 4 menyumbang 500 (lima ratus) ribu rupiah.
Dana yang terkumpul sekitar 500 (lima ratus) juta rupiah. “Dana ini yang kita pakai untuk mulai melakukan pembangunan.” katanya.
          Pekerjaan pembangunan dilakukan oleh warga sendiri secara bergotong royong. Awalnya setiap minggu sekali, terus setiap sebulan sekali dan sekarang setiap tiga bulan sekali warga bekerja merapikan taman.
“Konsepnya pemberdayaan umat. Ini yang membuat waktu pengerjaan bisa berlangsung 5 sampai 6 tahun baru selesai.” ujar Romo Winfried.
Dalam perencanaannya, dikatakan Romo Winfried, Replika Kota Bethlehem akan menjadi tempat wisata rohani, agrowisata dan wisata petualangan.
Selain umat Paroki Nelle, aparat Kodim 1603 Sikka, karyawan Credit Union dan Mahasiswa dari Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere juga pernah membantu pengerjaannya. Pemerintah juga membantu jalan semen sepanjang 1500 meter dengan dana 800 (delapan ratus) juta rupiah, namun struktrur jalan semen tersebut terlihat kualitasnya kurang dan masih tersisa 200 meter lagi yang tidak dilanjutkan pengerjaannya.
Seharusnya dananya dikasihkan ke masyarakat saja biar mereka bisa membangunnya secara swadaya. Sumbang uang saja mereka mau, apalagi ini cuma sumbang tenaga dan bergotong royong bekerja.” paparnya.   
          Areal jalan menuju Taman terdapat empat buah patung setinggi 4,8 meter dan bila ditambah dudukannya tinggi keseluruhan patung ± 5,5 meter.
Ada patung Yohanes Pembaptis, Maria menerima kabar gembira dari Malaikat Gabriel, Maria mengunjungi Elizabeth dan patung berita malaikat kepada gembala.
Di dalam areal Taman terdapat 3 patung Tiga Raja, patung gembala dan patung taman kelahiran dengan 4 ekor domba di sekitarnya.
Selain itu Altar untuk menggelar ekaristi berada di ketinggian ± 5 meter dan di kedua sisinya diapit 2 menara setinggi 15 meter, di mana menara kanan merupakan replika candi Bethlehem. Taman seluas 1300 meter persegi ini pembangunan patungnya dikerjakan oleh Yohanes Rahmat, seorang pembuat patung dari Jawa yang juga mengerjakan patung Bunda Maria di Gereja Katedral Ende.
Di setiap patung juga dibangung Gereja replika. Ada lima buah gereja replika dan juga akan dibangun aula, wc dan juga kamar mandi, serta kios rohani.
Tanggal 25 Desember di hari Natal, jam 08.00 wita, akan diadakan perayaan ekaristi di areal taman ini, dipimpin Uskup Maumere Mgr. Gerulfus Kherubiem Parera, SVD dan dihadiri Bupati Sikka Drs. Yoseph Ansar Rera, Wakil Bupati Drs. Paolus Nong Susar dan100 pejabat lainnya yang diundang.
“Kami tidak mengundang banyak umat dan memberitahukannya karena belum tersedianya areal parkir kendaraan. Kalau ada yang mendengar dan ingin menghadiri tentunya kami tidak bisa melarangnya.” pungkas Romo Winfried penuh semangat.

TAMAN REPLIKA KOTA BETHLEHEM di Maumere agar mengangkat wisata rohani pada masa Natal di Flores Timur dan Larantuka wisata rohani pada masa Paskah

Ibu Vero Umat Lombok

ibu Alang Firmanto umat Sampit















Tidak ada komentar:

Posting Komentar