Selasa, 26 Agustus 2014

GUA MARIA GUNUNG SEMPUH

SALIB SUCI GUNUNG SEMPU, YOGYAKARTA


Salib Suci Gunung Sempu berada di komplek Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Pugeran Bantul, Yogyakarta. Letaknya sekitar 3 kilometer dari halaman depan gereja tersebut. Salib tersebut berada di sebuah bangunan berbentuk joglo dengan pendopo terbuka tanpa pagar pembatas. Gedung ini diberkati oleh Uskup Agung Semarang Julius Darmaatmadja SJ pada tanggal 20 Mei 1990. Di bawah Salib itu terdapat patung Pieta (Bunda Berduka Cita).
Sebelum masuk ke tempat doa Salib Suci dan Gereja, peziarah di hadang sumur Yakob. Sumur tersebut berbentuk oval dengan kedalaman 33 meter. Sumur itu sengaja digali di tempat itu agar umat mengambil sendiri air itu agar digunakan untuk membersihkan diri sebelum menghadap hadirat Tuhan.  Tetapi sebelum membersihkan diri dengan air sumur Yakob itu, peziarah diajak untuk membangun sikap tobat dengan mengikuti prosesi jalan Salib.  Setelah menyelami makna penderitaan Kristus melalui renungan jalan Salib, peziarah bersembah sujud di kaki Salib Suci.  Di tempat ini, ujub-ujub doa yang di tulis pada potongan-potongan kertas di bakar pada sebuah tungku api yang telah tersedia.

Sesuai kegiatan doa di gedung Salib Suci, peziarah berarak menuju sumur Yakob sambil menikmati keindahan Kota Yogyakarta dari kejauhan. Mereka bisa membawa pulang air sumur Yakob sebagai pengikat janji tobat. Karena keelokan dan keheningannya, tempat ziarah Salib Suci Gunung Sempu disebut juga sebagai Bukit Golgota nya Yogyakarta. Ziarah Salib Suci Gunung Sempu merupakan satu-satunya di Indonesia.

di Bumi Hanya ada satu Wanita yang terpuji 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar